Seorang Tenaga Kerja PT.WKS Tewas Mengenaskan Saat Memasang Pipa PGN

image

 

DUMAI,wartapembaruan.com-Seorang tenaga kerja buruh PT.Wahana Karsa Swandiri ( PT.WKS ) tewas mengenasksn saat pemasangan Pipa Gas Nasional ( PGN ) yang berada di jalan lintas Duri-Dumai sepanjang 67 km, pekerjaan pemasangan pipa PGN  tersebut berada di Bukit Kapur Dumai.

Ketika dikonfirmasi ke salah seorang sumber masyarakat yang tidak bisa disebutkan namanya mengatakan dan informasi yang di himpun wartawan media ke lapangan bahwa insiden kejadian kecelakaan kerja terhadap korban kecalakaan kerja berinisial M.Ridwan (32 ), yaitu pada waktu aktifitas pemasangan pipa PGN sedang berlangsung pada 24/5 yang lalu pada waktu kejadian di Tempat kejadian peristiwa ( TKP ) tepatnya di jalan lintas Bagan Besar Dumai. Suasana cuaca hari itu hujan gerimis membasahi areal jalan dan membasahi pipa PGN untuk segera dimasukan kedalam lubang yang sudah digali sementara si korban kecelakaan kerja M.Ridwan tanpa menggunakan alat pengaman kerja (safety), ditambah pula suasana hari hujan gerimis dan sangat licin pada saat menurunkan  pipa PGN ke dalam lubang, si korban ketika itu berada di posisi atas  punggung pipa. Ia sambil menahan pipa yang sangat licin itu karena sangat licin  ia terpeleset langsung terjatuh masuk ke lubang galian pipa. Spontan pipa ikut jatuh ke dalam lubang galian, ia langsung tertimpa oleh pipa yang sudah disambung panjang dengan ukuran berat dan bobot besar dengan berdiameter sekitar 50 cm yang sangat berat sekali, terikat oleh  tali sebagai penahan pipa dan pada saat aktifitas pemasangan pipa PGN sedang berlangsung M.Ridwan ikut terpeleset jatuh masuk ke dalam lubang. Spontan pipa yang begitu berat ratusan ton itu menimpa tubuh si korban.

Sementara para kru pekerja lainya sudah berusaha untuk menyelamatkan Ridwan yang berada di dalam lubang dengan kedalaman sekitar 1,5 meter, dan sudah berbagai cara untuk menyelamatkan Riwan dari jeratan maut itu. Walaupun dengan menggunakan alat  eskapator berusahakan menyelamatkanya si korban yang masih berada di dalam lubang galian pipa, karena pipa yang begitu panjang dan sangat berat itu sudah semakin terbenam kedalam lubang galian sehingga  agak sulit untuk bisa ditarik ke atas permukaan tanah. Terpaksa harus di gali lagi dari samping kiri dan kanan lubang pipa. Semakin di gali lubang pipa tersebut si korban yang berada di dalam lubang semakin terjepit, terhimpit oleh benda pipa baja yang sangat berat itu.

Akhirnya M.Ridwan menghembuskan nafas terakhir di dalam lubang galian pipa tersebut, tidak bisa tertolong akhirnya mayat korban berhasil dikeluarkan dalam kondisi tidak utuh lagi. Sungguh menyedihkan dan menggenaskan melihat kondisi fisik mayat korban. Kemudian mayat Ridwn dibawa ke rumah keluarga duka ke Dumai untuk di kebumikan.

Terkait masalah ini kita minta kepada pihak perusahaan terutama kepada Sub kontrak PT.PGN yaitu PT.WKS supaya setiap melakukan aktifitas proyek demi keselamatan pekerja memperhatikan dan menyediakan segala alat safety kerja kepada pekerjanya, guna mengantisipasi jangan terjadi lagi insiden hal yang serupa seperti ini, tanpa safety pengaman. Berdampak bisa makan korban terhadap pekerjanya.

Sumber menambahkan, dari di sisi lain sepengetahuan sumber, bahwa proyek Pipa Gas Nasional (PT.PGN) merupakan BUMN yang berasal dari APBN, saat ini yang bergerak di bidang pemasangan pipa gas nasional (PGN) yang dimulai star pekerjaannya dari Palembang (Sumsel) menuju ke beberapa daerah propinsi yang ada di Riau antara lain, Pekan Baru,,Duri, Dumai dan sekitarnya dan daerah lainnya, ungkap sumber mengakhiri pada wartapembaruan.com.( muhardi)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Fri, 1 Jun 2018 @15:45

Kategori
BERITA TERBARU
Komentar Terbaru

Copyright © 2020 WARTA PEMBARUAN · All Rights Reserved
powered by sitekno